Kota Palu

160 Kilo gram Benih Jagung Palsu, di Musnahkan

PALU – Kepolisian Daerah Provinsi Sulawesi Tengah (Polda Sulteng) yang bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri Palu, memusnahkan sebanyak Seratus enam puluh kilo gram benih jagung palsu,  yang di salurkan PT. Hasfarm Niaga Nusantara (Selaku Distributor), kepada  Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Tengah.

pemusnahan tersebut di lakukan di Kantor Polda Sulteng Jl. Soekarno Hatta, Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu Sulawesi Tengah, kamis (31/01/19) siang.

“pemusnahan ini Berdasarkan laporan masyarakat,  bahwa benih jagung yang di bagikan  tersebut, tidak tumbuh dan kebanyakan berjamur, merasa di rugikan para petani melaporkan kasus tersebut, ke pihak Kepolisian, Menanggapi hal itu, Polda Sulteng langsung bergerak cepat untuk  mengamankan kurang lebih 160 Kilo Gram benih jagung untuk dilakukukan penyidikan serta uji raboratorium,” Kata AKP Dirham Salama selaku Kanit 1 Indag Direktorat Reserse Kriminal Polda Sulteng.

Dirham menambahkan, kami melakukan tindak lanjut dari petani yang melaporkan bahwa benih jagung hibrida hasil pembagian tersebut, tidak layak untuk di produksi lagi, setelah menerima laporan, pihak kepolisian yang bekerja sama dengan kejaksaan negeri, menyelidiki dan mendapat bukti bahwa benih tersebut tidak layak di produksi lagi, jelasnya.

Dari hasil penyidikan, Pihak kepolisian dan kejaksaan menetapkan bahwa benih jagung tersebut palsu, dan tak layak untuk di jadikan benih , pihak pengadilan juga menyatakan bahwa tersangka atas nama Kabul Suyono terbukti bersalah.

sementara itu, Petrus J Sumelang selaku Jaksa Penuntut Umum, mengatakan untuk hukuman sesuai putusan sidang di pengadilan, terpidana dihukum selama 1 tahun dan 4 bulan potong tahanan, dan denda sebanyak 15 Juta Rupiah, jelasnya.

Tersangka di jerat pasal berlapis, yaitu pasal 60 ayat 1, 13 ayat 3, dan 16 UU RI no. 12 tahun 1992 tentang Sistem Budidaya Tanaman dengan hukuman maksimal 1,5 tahun penjara. ***

Reporter : Khaidir Akmal

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top